Thursday, August 18, 2016

Ebook "Harry Potter" Buka Jalan Imajinasi Baru J.K. Rowling

Oleh Muhammad Sadam

Tahun ini telah menjadi tahun yang luar biasa bagi "Dunia Sihir" Harry Potter

J.K. Rowling eBooks
(Pottermore by J.K. Rowling/pottermore.com)

Hanya dua minggu berselang setelah merilis naskah teater Harry Potter and the Cursed Child, J.K. Rowling mengumumkan kabar mengejutkan bahwa beberapa cerita baru mengenai Dunia Sihir buatannya itu sedang dalam pengerjaan. Kali ini imajinasi hebatnya akan dikemas dalam bentuk ebook yang akan dipublikasikan oleh portal digital miliknya, pottermore.

Selama beberapa tahun terakhir, Rowling dengan terus memberikan banyak update terbaru mengenai Potter dan karakter-karakter lainnya. Dan bagi mereka yang cukup jenuh dengan semua update-an terbaru Harry Potter, berita ini tentu akan terasa berlebihan. Sembilan tahun setelah serial asli terakhir Harry Potter, mengapa kita masih sibuk mendapatkan update terbaru mengenai si "anak laki-laki yang bertahan hidup" itu?


Strategi itu ternyata cukup masuk akal bagi rencana J.K. Rowling di tahun 2016 ini. Hal itu merangsang para fans sejati Harry Potter untuk ikut terlibat, dan berhasil menarik antusias mereka terhadap film spinoff Harry Potter terbaru, Fantastic Beasts and Where to Find Them, yang akan dirilis Bulan November tahun ini.
Ebook baru yang akan dijual dengan harga US$3 (diatas Rp40.000) per item dengan panjang rata-rata sampai 10.000 kata itu, "memuat semua tulisan asli Rowling sudah ada di Pottermore serta beberapa cerita baru yang sedang ia tulis." begitu keterangan dari Pottermore dalam press release-nya. Short Stories from Hogwarts of Power, Politics, and Pesky Poltergeist akan berisi cerita-cerita mengenai karakter Horace Slughorn, Dolores Umbridge, dan Quirinus Quirrell. Lalu ada Short Stories from Hogwarts of Heroism, Hardship, and Dangerous Hobbies yang akan bercerita mengenai dua sosok yang banyak digemari, yakni Professor McGonagall dan Remus Lupin. Sementara itu Hogwarts: an Incomplete and Unrealiable Guide, akan memberikan gambaran detail mengenai area tempat sekolah sihir Hogwarts berdiri.

Kesemua ebook tersebut sudah tersedia saat ini untuk pre-order, dan baru akan dirilis pada tanggal 6 September nanti, mendekati paruh waktu antara waktu perilisan naskah teater Cursed Child dan perilisan film Fantastic Beasts.

Bagi sebagian pembaca, semua ini mungkin hanya akan terkesan seperti "daur ulang" cerita oleh J.K. Rowling. Namun bagi sebagian besar fans loyal Harry Potter, Cursed Child dan beberapa cerita pendek serta update-update terbaru mengenai Potter pasca Deathly Hallows yang selama ini diberikan Rowling, justru memberikan kepuasan baru yang lebih menyegarkan bagi mereka. Termasuk juga memberikan beberapa pengembangan imajinasi yang selama ini justru hanya menjadi fan-fiction belaka.

Tidak hanya itu, buku-buku ini akan menjadi pengingat bagi semua pembaca setia Harry Potter mengenai dunia ajaib yang diciptakan oleh J.K. Rowling dan mengapa kita semua bisa sampai jatuh cinta kepadanya.

No comments:

Post a Comment